Selasa, 19 Februari 2013

Aksi Lingkungan Sahabat pesisir ODC


Ocean Diving Club (ODC) Unsyiah bekerja sama dengan World Wild Foundation (WWF)-Aceh dan KuALA (Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh) melakukan kegiatan rangkaian Aksi Peduli Lingkungan dalam bentuk perlombaan dan pembersihan pantai (peugleh pasi) di Pantai Lampuuk. Aksi ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun ODC ke VI yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2013. Adapun acara yang telah dilakukan yaitu lomba menulis artikel ilmiah dan lomba desain poster dimana rangkaian kegiatan ini sudah dimulai sejak 20 Januari lalu dan pengumuman pemenang serta pembagian hadiah dilaksanakan pada hari minggu di Pantai Lampuuk, bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan Aksi Peduli Lingkungan.


Kegiatan Aksi Peduli Lingkungan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dibuka oleh Bapak Marzuki yang mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Besar, beliau menyampaikan pihak dinas sangat mendukung acara yang dilakukan oleh pihak ODC tersebut dan menghimbau kedepan jangan sungkan-sungkan untuk mengundang pihak dinas dan mengharap kedepan lebih banyak lagi yang terlibat supaya pantai kita lebih bersih tentunya. Acara yang dihadiri oleh LSM KuALA dan DKP Kabupaten Aceh Besar ini dibuka dengan lomba Smart Presentation di Bale Nelayan Lampuuk yang diikuti oleh 2 kelompok peserta dari Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah. Dalam lomba tersebut masing-masing kelompok membahas isu mengenai ekosistem pesisir.

Acara yang diikuti sekitar 30 mahasiswa Unsyiah ini juga menunjukkan betapa pentingnya menjaga kebersihan pantai. Selain untuk meningkatkan daya tarik pariwisata, pantai yang bersih juga dapat berdampak sangat bagus terhadap kelangsungan hidup biota-biota yang hidup di laut. Pantai Lampuuk memiliki panjang pantai 2 km namun dikelola dengan baik, bahkan saat ini sudah mampu memperbaiki kondisi  perekonomian masyarakatnya di daerah sekitar Pantai Lampuuk.

Sekitar 25 kantong sampah berhasil dikumpulkan oleh para peserta kegiatan yang peugleh pasi disekitar pantai lampuuk, sampah yang kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir di sekitar pantai lampuuk itu diperkirakan mencapai 150 kg yang umumnya merupakan sampah yang dihasilkan para pengunjung pantai lampuuk berupa bungkusan makanan ringan dan botol minuman.

ODC juga ikut mengampanyekan kaesadaran pengujung pantai untuk tidak membuang sampah sembarangan melalui stiker yang ditempelkan pada rangkang-rangkang disepanjang tempat wisata pantai lampuuk guna memberikan nilai edukasi penting akan kebersihan lingkungan pantai.

0 komentar:

Posting Komentar