Senin, 15 Juli 2013

Sertifikasi Selam Ocean Diving Club ke VI



ODC Unsyiah telah melaksanakan sertifikasi selam Ocean Diving Club di Sabang selama enam hari  tanggal 22-27 Juni 2013. Kegiatan sertifikasi ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh ODC untuk bakal calon anggota ODC yang baru. Ini adalah salah satu  program dari divisi Diklat (pendidikan dan latihan)  ODC yang mana divisi diklat bertugas mendidik dan melatih peserta. Sertifikasi adalah test untuk anggota baru baik dalam segi skill/ kemampuan menyelam maupun materi P.A.P (Pengetahuan Akademik Penyelaman). Sertifikasi ini langsung dipegang oleh Instruktur langsung  yaitu Ibnu Azzam. Apabila lulus mengikuti test, maka akan menjadi anggota ODC yang baru.

Pada tahun ini, ODC Unsyiah mengsertifikasikan delapan orang dari peserta diklat yang berasal dari Jurusan Ilmu Kelautan Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah sebanyak tujuh orang dan dari Jurusan Bududaya Perairan Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah 1 orang. Sebelum disertifikasi, peserta sudah mendapatkan bekal pelatihan terlebih dahulu baik dari segi skill dan materi P.A.P. proses diklat berlangsung selama 7 bulan dimana ada LKK (Latihan Keterampilan Kolam) dan LPT (Latihan Perairan Terbuka).

Di Sabang, mereka melakukan latihan biasa yaitu Alat Dasar Selam/ latihan Skin selama satu hari dan Latihan Scuba selama dua hari. Mereka latihan di Gapang dengan kontur pantai yang landai sehingga mereka dapat melakukan latihan dengan nyaman. Dan pada hari ketiga, mereka langsung dipegang oleh instruktur apakah layak atau tidak mereka menjadi seorang PENYELAM. Test ini dilakukan di Iboih, Sabang. Setelah test kemampuan menyelam, pada malamnya mereka mengikuti test materi P.A.P yang juga langsung dipegang oleh instruktur.
Brieffing dengan Instruktur sebelum test kemampuan menyelam.
Evaluasi dengan Instruktur sebelum test materi P.A.P



Memang membutuhkan proses yang panjang, tetapi semangat dari peserta diklat yang sangat besar, sehingga membuat mereka lulus ikut sertifikasi ODC dan sudah menjadi anggota ODC Unsyiah.


SELAMAT BUAT DIKLAT VI OCEAN DIVING CLUB.


0 komentar:

Posting Komentar