Rabu, 26 Juni 2013

Microgrant Pelatihan Bleach Watch

ODC Unsyiah menyelenggarakan Microgrant  Pelatihan Bleach Watch bekerja sama dengan Reef Check Indonesia, Wild World Federation, The Nature Conservancy, The Coral Alliance, Pemko Sabang dan Dinas Kelautan Perikanan kota Sabang selama dua hari pelatihan (ruangan dan lapangan), yaitu tanggal 19 – 20 Juni 2013. Kegiatan dilaksanakan di Iboih Sabang, yang bertempatan di Aula Leguna Gapang. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 20 orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan pelatihan dan membangun jejaring Coral Bleach Watch di Aceh yang terdiri dari organisasi/individu dengan keterampilan untuk mengidentifikasi pemutihan karang karena suhu tinggi dan berfungsi  untuk mendukung pengelolaan yang efektif dalam peningkatan sumber daya laut.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini meliputi operator selam, LSM lokal dan Internasional, peneliti Universitas dan staf KKP yang akan dilatih untuk mengenali dan melaporkan kejadian pemutihan karang (mengembangkan database kontak di Aceh). Jejaring ini akan memiliki informasi terkini tentang resiko pemutihan karang berdasarkan tingkat keparahan dan lokasi suhu air laut diatas normal.

Pada hari pertama, 19 Juni 2013 para peserta mengikuti seminar di ruangan. Acara ini  dibuka oleh Dinas Kelautan Perikanan kota Sabang, yang diwakili oleh Saifullah. Kemudian memasuki materi pertama yang disampaikan oleh Indra dari anggota Ocean Diving Club (ODC) dengan judul “Terumbu Karang dan Dampak Perubahan Iklim” selama 2 jam. Lalu materi terakhir yang disampaikan  oleh Naneng Setiasih dari The Coral Alliance dengan judul “Basics of Coral Reef & Climate Change” serta  menjelaskan metode pelaporan  bleach watch dan  pembentukan  rencana respon lokal.

Lalu pada hari kedua, 20 Juni 2013 para peserta mengikuti pelatihan di lapangan untuk memantau langsung kondisi terumbu karang yang bertempatan di pulau Rubiah. Para peserta sangat antusias mengikuti pemantauan selama 30 menit. Setelah selesai pemantauan lalu peserta diarahkan bagaimana cara mengisi formulir evaluasi dan bagaimana cara mengetik format SMS bleaching. Kemudian, setelah pengisian formulir dan SMS bleaching acara pada hari  kedua, maka telah berakhir kegiatan bleach watch.

0 komentar:

Posting Komentar