Kamis, 21 Juni 2012

World Oceans Day : Aksi Nyata ODC Unsyiah untuk Laut Aceh Besar

Sadar akan pentingnya ekosistem terumbu karang bagi kehidupan laut khususnya bagi masyarakat pesisir, ODC Unsyiah melakukan Seminar Potensi Ekosistem Terumbu Karang dan Transplantasi Terumbu Karang di Perairan Krueng Raya Aceh Besar. kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Juni 2012 dan akan dihadiri Oleh masyarakat setempat dan beberapa perangkat serta petinggi Desa Lamreh, Krueng Raya Aceh Besar. Acara tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan dari berbagai aksi dunia lainnya dalam rangka World Oceans Day (WOD) atau Hari Laut Sedunia


World Oceans Day (WOD) atau Hari Laut Sedunia, secara resmi dirayakan setiap tanggal 8 Juni setiap tahunnya. Ide awalnya diajukan oleh pemerintah Kanada pada KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brasil tahun 1992 dan secara resmi diakui oleh PBB pada tahun 2008.  Sejak itu kegiatan ini dikoordinasikan secara internasional oleh “The Ocean Project” dan “The World Ocean Network”  dengan target yang lebih besar dan tingkat partisipasi masyarakat global yang terus meningkat setiap tahunnya di berbagai tempat di duniaPeringatan World Oceans Day diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Internasional melalui akasi-aksi kampanye penyelamatan ekosistem pesisir dan laut. Tema World Oceans Day 2012 secara global adalah Youth: The Next Wave for Change “ atau ”Generasi Muda: Pembawa Gelombang Perubahan Masa Depan”


Kegiatan yang akan diadakan di lokasi Kabupaten Aceh Besar ini mendapatkan respon positif dan dukungan penuh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar. Hal ini dikarenakan tidak terlepasnya peran penting Jaringan KuALA yang telah melakukan pendekatan serta dukungan kepada DKP Aceh Besar dalam melakukan pegembangan, pemanfaatan serta perlindungan pesisir Aceh Besar. Sehingga dari pihak DKP Aceh Besar memberikan peluang dan celah bagi generasi muda (ODC Unsyiah) untuk melakukan sedikit aksi namun memberikan dampak besar bagi kelestarian Laut dan Pesisir Aceh. Selain itu kegiatan ini sesuai dengan rencana kerja DKP Aceh Besar pada tahun 2012, khususnya di bagian Peningkatan Sumber Daya Manusia masyarakat pesisir dan Konservasi Sumber Daya Kelautan serta prioritas kerja DKP Aceh Besar dalam hal Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) di Aceh Besar yang telah dicadangkan sebanyak 17 Kawasan Konservasi laut Daerah (KKLD) di Aceh Besar dengan keluarnya SK Bupati Aceh Besar No. 190 Tahun 2011, dimana site Lhok Krueng Raya menjadi salah satu prioritas di Aceh Besar.

Samsul Bahri dari ODC- Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah, selaku Ketua Panitia Perayaan Hari Laut Sedunia di Aceh Besar menyatakan, adapun kegiatan yang dilaksanakan di Aceh Besar yaitu Seminar Potensi Ekosistem Terumbu Karang di Perairan Krueng Raya Aceh Besar pada tanggal 23 juni 2012 yang melibatkan 30 orang peserta dari unsur Panglima Laot Lhok Krueng Raya, Perangkat Gampong di pesisir Lhok Krueng Raya dan perwakilan nelayan Lhok Krueng Raya. Kegiatan Seminar ini nantinya  akan diisi oleh pemateri dan narasumber dari berbagai kalangan intelektual dan akademisi yang Sedangkan pada hari kedua tanggal 24 Juni 2012, dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang di perairan pantai wisata Lhok Me, Lhok Krueng Raya-Aceh Besar yang juga melibatkan unsur Panglima Laot Lhok Krueng Raya, Kelompok Sadar Wisata Pantai Lhok Me Lhok Krueng Raya, perwakilan masyarakat di sekitar pantai Lhok Me Krueng Raya dan didampingi oleh seluruh anggota ODC- Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah.

Ferdiansyah selaku Ketua ODC- Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah menambahkan, kegiatan ini sebenarnya dilatar belakangi oleh kegiatan mahasiswa Kelautan Unsyiah khususnya  ODC- Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Unsyiah yang selama 3 tahun terakhir ini yang sering melakukan pemantauan ekosistem terumbu karang di Perairan Krueng Raya, tepatnya di site Amat Ramanyang, Perairan Lhok Me dan Perairan Benteng Inoeng Balee Krueng Raya. Oleh karena iyu, tepat pada Perayaan hari Laut Sedunia Tahun ini, kami dari ODC Unsyiah ingin mempersentasikan kepada masyarakat Lhok Krueng Raya apa saja potensi yang ada di sekitar perairan pesisir tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar