Rabu, 13 Juli 2011

ODC-Unsyiah Adakan Kegiatan Sosialisasi Terumbu Karang di SMP Negeri 1 Mesjid Raya

Ocean Diving Club atau yang lebih dikenal dengan nama ODC yang merupakan satu-satunya club selam di Unsyiah. Pada hari selasa (12/7) melakukan kegiatan sosialisasi terumbu karang di Krueng Raya. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Mesjid Raya. Tujuan dari pada kegiatan ini adalah memperkenalkan ekosistem terumbu karang pada generasi muda.

Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan untuk memperingati hari Kelautan Sedunia. Melalui kegiatan ini, ODC mengharapkan kepada remaja-remaja agar dapat lebih mengenal ekosistem terumbu karang. Oleh karena itu, ODC berusaha membagi Ilmu dan berbagi cerita kepada kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Mesjid Raya mengenai ekosistem terumbu karang.

Pemilihan tempat SMP Negeri 1 Mesjid Raya sebagai lokasi penyuluhan sosialisasi ekosistem terumbu karang tersebut tidak terlepas dari letak geografis dan lingkungan sekolah. Keberadaan lokasi sekolah tepat berada pada lingkungan pesisir dan sangat mendukung bagi keberadaan  ekosistem terumbu karang. Pada lain pihak kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung ODC dalam memasyarakatkan kepada masyarakat pesisir setempat, dimana ODC sering melakukan kegiatan, monitoring terumbu karang dan penelitian/praktikum pada daerah tersebut. Sehingga kelak suatu saat ODC dapat melibatkan dan mengajak masyarakat dan para remaja setempat untuk saling berpatisipasi dalam menjaga ekosistem pesisir dan laut di daerah krueng raya, sebut Ferdiansyah (ketua ODC-Unsyiah).
Penyampai Materi kepada siswa siswi

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mesjid Raya yang di wakili oleh Wakil kepala sekolah Bapak Adnan dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi karena para siswa-siswi dapat mengetahui manfaat dari pada ekosistem terumbu karang. Bapak Adnan juga mengharapkan semoga kegiatan ini tidak sampai disini saja harapannya semoga dapat berlanjut sehingga para siswa-siswi dapat mengetahui lebih banyak mengenai kehidupan laut khususnya mengenai ekosistem terumbu karang.

Fazril saputra yang merupakan ketua panitia menginformasikan kegiatan ini diikuti lebih dari empat puluhan siswa-siswi yang terdiri dari kelas VIII dan IX yang juga didampingi oleh guru-guru dari SMP Negeri 1 Mesjid Raya. Bentuk kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi ini ada tiga sesi dimana pada sesi pertama siswa-siswi menonton pemutaran film edukasi tentang terumbu karang, pada sesi kedua siswa-siswi mendengarkan persentasi tentang ekosistem terumbu karang, dan pada sesi terakhir atau ketiga siswa-siswi ini diajak bermain games yang berhubungan dengan terumbu karang.

Penyerahan piagam kepada
kepala sekolah oleh ketua ODC
Pada akhir acara Ferdiansyah sebagai ketua ODC mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu. Acara ini mungkin tidak dapat berjalan dengan sukses apabila tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada  yang telah banyak membantu yaitu kepada Jurusan Ilmu kelautan Unsyiah, Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh (KuALA) melalui program SALUT, dan Mr Piyoh. Hal ini diungkapkan olehnya.

0 komentar:

Posting Komentar