Jumat, 16 Maret 2012

Anggota Diklat V ODC Melakukan Simulasi Kering Monitoring Ekosistem Terumbu Karang

Banda Aceh, (16/3/2012) ODC memberikan materi Pembekalan Ilmiah Monitoring (PIM) kepada Anggota Diklat V. Kegiatan ini merupakan suatu program yang rutin dilakukan dari ODC di bawah pengawasan Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG).  PIM  ini bertujuan untuk memberikan materi-materi dan pemahaman tentang Ekosistem Terumbu Karang serta teknik monitoring terumbu karang Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang anggota diklat V ODC sebagai peserta.
Pembekalan materi sebelum melakukan simulasi kering

Dan  pada hari ini ODC beserta Anggota Diklat V melakukan simulasi kering Monitoring Ekosistem Terumbu Karang. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemantapan materi-materi yang telah di berikan beberapa bulan sebelumnya. Kegiatan ini diawali dengan pembekalan materi dan respon test tentang genus-genus karang, ikan karang beserta Invert. Setelah megetahui hasil kemampuan masing-masing, para peserta pelatihan lansung memasuki zona simulasi yang telah di setting oleh Anggota ODC Unsyiah lainnya.
simulasi metode transek kuadrat

Terdapat 4 metode monitoring yang dilakukan pada simulasi kering Monitoring  kali ini yaitu, Point Intercept Transect (PIT), Line Intercept Transect (LIT), Transek Kuadrat dan Belt Transect (transek Sabuk). Masing-masing metode tersebut dilakukan secara bergantian oleh peserta. Metode-metode yang disimulasikan merupakan metode yang umum dipakai dalam pengambilan data karang. Menurut Indra, sebagai Ketua Divisi LITBANG ODC kegiatan simulasi kering ini merupakan suatu bentuk pelatihan pengambilan data Ekosistem Karang di daratan dimana kegiatan tersebut sebagai bentuk persiapan dan pembekalan kepada anggota diklat V sebelum melakukan kegiatan monitoring dan pengambilan data sebenarnya.
Simulasi Metode PIT dan LIT

1 komentar:

  1. bisa minta informasi mengenai PIT (Point intercept Tramsect)???? soalnya nformasinya masih kurang...mohon bantuannya..

    BalasHapus