Jumat, 21 Agustus 2009

Merah Putih Berkibar dan Tari Rampo Tampil di Bawah Laut Pulau Rubiah Sabang

Dalam memperingati hari lahirnya bangsa Indonesia, sebagai pemuda/i bangsa dan Negara, kami yang tergabung dalam sebuah klub selam yang bernama ODC (Ocean Diving Club) yang bernaung dibawah Jurusan Ilmu Kelautan Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala telah ikut berpartisipasi dalam memperingati HUT RI ke-64 sebagai wujud rasa cinta terhadap bangsa dan Negara ini beserta kekayaan alam dan budayanya serta kepada para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertahankan ibu pertiwi sampai titik darah penghabisan.


Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2009 di Pulau Rubiah, Iboih, Pulau weh, Sabang dan didukung oleh : Pemkot Sabang, Fauna and Flora International, asdp Aceh, Dinas Perhubungan Aceh, Hermes Palace Hotel, Tv One, Modus Aceh, ABS, SAR Banda Aceh, Wildlife Consevation Society, D’mata - Ie Hillside,Radio 3 FM, Rubiah Tirta Divers, Coral Oasis, CWC (Center For Wildlife Conservation, Serikat galaxy, Steffen Sea Sports. Adapun Rangkaian kegiatannya adalah pengibaran bendera merah putih dan tari rampoe di bawah laut. Acara ini dilaksanakan mulai dari jam 12:00-17:00 WIB, pada acara pembukan terlebih dahulu diisi dengan kata sambutan dari ketua umum ODC, Kadis Pariwisata Sabang dan walikota sabang ‘Munawar Liza Zainal’ yang sekaligus membuka acara ini dengan menyerahkan bendera merah putih kepada Pembina upacara dan kacu (pengikat kepala berwarna merah putih) kepada syech (pimpinan tari). Bapak Munawar Liza Zainal dalam kata – kata sambutannya menyatakanbahwa beliau sangat mendukung kegiatan ini serta memberikan apresiasi terhadap kreativitas Mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan UNSYIAH. Beliau juga mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan masuk kedalam agenda Pemkot Sabang dalam memperingati HUT RI setiap tahunya.


Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran muspida dan muspida plus Pemkot Sabang dan juga dimeriahkan oleh masyarakat kelurahan Iboih Sabang dan diliput langsung oleh stasiun Tv One. Acara ini dimulai dengan pengibaran bendera merah putih di bawah laut pada kedalaman delapan meter yang diikuti oleh 26 penyelam dimana satu orang bertindak sebagai Pembina upacara, satu orang komandan upacara, tiga orang penggerek bendera dan tujuh orang penari rampoe bawah laut serta selebihnya adalah peserta upacara. Upacara ini sendiri dilakukan sama halnya dengan upacara biasanya yang dilakukan di darat, hanya saja untuk memudahkan komunikasi dan instuksi di bawah laut digunakan hand signal (bahasa isyarat). Upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini berdurasi 20 menit. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan tarian Rampoe bawah laut yang dimainkan oleh enam orang penari dan dipimpin oleh satu orang syech. Setelah tari Rampoe selesai, dilanjutkan dengan prosesi penurun bendera merah putih sekaligus akhir dari rangkaian acara ini.




1 komentar: